Mengenal Lebih Jauh Tentang Cloud Computing

Kamis, 19 Juli 2018

Untuk sebagian orang istilah Cloud Computing  menjadi sesuatu yang asing di telinga mereka, kenyataan nya istilah ini sudah menjadi sesuatu hal yang ada di sekitar mereka (masyarakat). 

Penggunaan email atau bahkan bersosial media adalah salah satu teknologi yang kita kenal dengan Cloud Computing . Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Beberapa Manfaat Cloud Computing : 
1. Semua dat tersimpan di server secara terpusat
Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

2.    Keamanan Data

Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

3.    Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.

4.    Investasi Jangka Panjang
Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi karena semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.

:: dari berbagai sumber






Recent Post

Card image cap

6 Alasan Mengapa VPS Lebih Menguntungkan

Kamis, 30 Agustus 2018

Virtual Private Server atau biasa disebut VPS seringkali masih dirasa...

Selengkapnya
Card image cap

IoT (Internet of Things)

Kamis, 19 Juli 2018

Internet untuk Segala (bahasa Inggris: Internet of Things, atau dikenal...

Selengkapnya
Card image cap

INFO SEPUTAR BAN PT

Kamis, 19 Juli 2018

Pengumuman Layanan Legalisasi Sertifikat/SK AkreditasiDalam rangka peningkatan layanan Badan Akreditasi...

Selengkapnya